Sunday, October 13, 2013

Pengertian dan Penggunaan Nofollow sebenarnya

Pengertian Nofollow
Sebagai blogger, kita wajib tahu segala macam istilah. Contoh seperti SERP, SEO, Bonce Rate, Keyword, dan lain sebagainya. Tapi kali ini saya akan bahas mengenai NOFOLLOW.


Saat kita akan bertukar link dengan seseorang, biasanya link kita yang telah ditempel disana akan memuat kata nofollow pada kode html-nya. Sedangkan kamu akan mendapati link orang itu pada blog kamu dalam keadaan dofollow. Ini adalah suatu hal yang wajar.


Apa yang dimaksud dengan Nofollow ?
Nofollow adalah suatu kode yang HTML elemen a yang menyatakan kepada search engine bahwa link yang di nofollow kan tidak berpengaruh terhadap link kita. Andai saya memiliki link orang lain dalam blog saya, ketika saya pasang rel="nofollow" pada elemen a, maka link tadi tidak akan terindex melalui situs saya dan tidak mempengaruhi rank saya di search engine.

Bagaimana cara menggunakan Nofollow ?
katakanlah ada sebuah link orang pada blog saya. Lalu saya ubah link tersebut dengan menambahkan rel="nofollow". Kode yang semulanya <a href="contohgan.blogcepot.com">contohgan</a> menjadi <a href="contohgan.blogcepot.com" rel="nofollow">contohgan</a>

Apa manfaat penggunaan Nofollow ?
Nofollow awalnya diciptakan untuk menghentikan orang-orang mengambil rank suatu situs. Biasanya orang-orang akan berkomentar dengan menambahkan link di dalamnya yang berarti link tersebut telah mempengaruhi rank situs kamu. Manfaatnya tergolong sedikit, namun baik untuk meningkatkan rank. Manfaatnya dapat berupa :


  1. Mempertahankan Rank pada search engine
  2. Menghindari spamdex
  3. Meminimalisir efektifitas suatu sponsor
  4. Menghindari penurunan rank
  5. Menghindari pembagian rank terhadap situs lain




2 comments: