Thursday, October 10, 2013

Mematikan, cara virus berkembang-biak

Replikasi Virus
Virus adalah suatu makhluk yang dapat dikatakan benda mati saat berada di luar tubuh makhluk hidup, dan dapat dikatakan benda hidup saat dalam tubuh makhluk hidup. Mendengar virus, terasa mendengar kematian. Hampir semua penyakit mematikan dikarenakan virus.



Mengapa virus mematikan ? itu dikarenakan cara berkembang-biak mereka. Mereka berkembang-biak dengan cara replikasi. Hal itu karena mereka tak punya organ, hanya asam nukleat.


Apa itu replikasi ?
Replikasi artinya penggandaan/pengopian/peniruan. Jadi virus tak membutuhkan lawan jenis. Virus merupakan parasit. Di dalam virus terdapat asam nukleat. Apa hubungan asam nukleat dengan berkembang-biak ? Akan di jelaskan beberapa saat lagi.

Bagaimana cara virus berkembang-biak ?
Cara virus berkembang-biak dibagi menjadi dua, yaitu  siklus litik dan siklus lisogenik. Siklus litik inilah yang mematikan alias sanggup membunuh orang.  Berikut lebih jelasnya.


  1. Fase Adsorbsi
    Fase ini adalah saat virus sedang menusuk atau menempel pada sel kita. Seperti parasit pada umumnya, hendak merusak dan menguasai. Dalam sel tersebut terdapat Asam nukleat milik sel.
  2. Fase injeksi
    Ini adalah saat si virus memasukkan asam nukleat yang berupa DNA atau RNA. Inilah saatnya perlawanan. Si Virus akan melawan dan menguasai asam nukleat milik sel.
  3. Fase Replikasi
    Disaat si virus berhasil menguasainya, dia akan berkembang-biak disana. Berkembang-biak dengan cara replikasi. Namun hasil berkembang-biak masih tidak sempurna karena hasilnya masih berpencar antara kepala, leher, dan ekor.
  4. Fase Perakitan
    Pada Fase ini, setiap anggota tubuh tadi akan bergabung hingga membentuk suatu bayi virus yang kita sebut virrion.
  5. Fase Lisis
    Fase ini adalah yang terakhir. Semua virrion tadi akan merobek sel lalu keluar dari sel tadi. Dan rusaknya sel inilah yang dapat menimbulkan kematian.

2 comments: