Sunday, June 9, 2013

Subhanallah, Ini Dia Fakta Menakjubkan Bayi Baru Lahir



REPUBLIKA.CO.ID, Di balik kebahagiaan karena kelahiran seorang bayi, ada fakta menakjubkan yang menyertai kehadirannya. Apa sajakah itu?




* Jumlah tulang bayi lebih banyak ketimbang orang dewasa. Saat lahir, bayi memiliki 270 tulang. Begitu masuk usia dewasa, tulang manusia tinggal 206. Ada yang hilang? Tentu tidak. Peristiwa itu terjadi menyusul penyatuan tulang belakang dan tenggorak.

*Bayi baru lahir memiliki daya penglihatan sangat terbatas. Mereka hanya bisa melihat orang dan objek lain di dekatnya dengan jarak pandang 19,6 cm sampai 29,4 cm. Bayi juga bernapas lebih cepat daripada orang yang lebih besar. Napasnya sekitar 40 kali per menit. Sedangkan, orang dewasa rata-rata bernapas antara 12 hingga 20 per menit.

*Bayi memang sering menangis. Faktanya, bayi baru lahir tak mengeluarkan air mata. Kelenjar dan saluran air matanya sebetulnya sudah bekerja dengan baik. Akan tetapi, produksi air matanya baru sebatas untuk melumaskan dan melindungi mata saja. Air mata bayi baru akan tumpah sekitar usia satu hingga tiga bulan.

* Bayi bisa merangkak begitu lahir. Seperti dikutip dari Disney Baby, pada 1987, Karolinska Institute di Swedia melaporkan adanya Breast Crawl pada bayi. Setelah lahir, bayi biasanya dibersihkan dan diletakkan di dada ibunya. Dalam beberapa saat, bayi akan merangkak untuk menemukan sumber makanan terbaiknya, air susu ibu (ASI).

No comments:

Post a Comment

Blog Archive