Saturday, August 24, 2013

Pengertian Variabel Bebas, Respon, dan Kontrol

Pada suatu laporan hasil percobaan, kita tentunya mengenal Variabel. Di SMA ada beberapa Variabel yang tentunya akan digunakan dalam laporan Ilmiah suatu saat nanti. Variabel merupakan bagian terpenting pada laporan ilmiah.

Variabel yang harus kita pelajari ada 3, yaitu Variabel Bebas, Variabel Respon, dan Variabel Kontrol. Banyak pengertian mengenai mereka akan tetapi tidak semua orang dapat memahaminya. Kebanyakan dari pengertian yang ada sangat lah membingungkan. Memang tak mudah mendefinisikan Variabel tersebut. Tapi dengan adanya postingan ini saya harap kalian paham.



Pengertian Variabel Bebas

Variabel Bebas Adalah Variabel yang mendefinisikan tentang semua perlakuan kamu terhadap percobaan tersebut yang dapat memicu suatu perubahan/hal lain atau bisa juga diartikan sebagai variabel yang mengakibatkan perubahan bagi variabel terikat/respon. Misalnya "...melakukan perendaman terhadap benda A akan memicu perubahan warna pada benda A.", maka Variabel Bebasnya adalah Melakukan perendaman terhadap benda A.

Pengertian Variabel Respon

Variabel Respon Adalah Variabel yang mendefinisikan tentang semua hal yang terjadi apabila kamu melakukan tindakan terhadap percobaan tersebut (bukan Goal-nya) atau singkatnya akibat dari Variabel Bebas. Misalnya "...melakukan perendaman terhadap benda A akan memicu perubahan warna pada benda A.", maka Variabel Responnya adalah Perubahan warna pada benda A.

Pengertian Variabel Kontrol

Variabel Kontrol Adalah variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable bebas terhadap variable terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.

1 comment:

  1. Jangan lupa followbacknya yak XD http://www.billy-ramadhan.kbi.or.id/

    ReplyDelete