Monday, August 26, 2013

Ciri-ciri makhluk hidup dan pengertiannya


Ciri-ciri makhluk hidup dan pengertiannya  - Ciri-ciri makhluk hidup sangatlah sederhana. Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang memang sudah pasti dimilikinya, berupa :


1.       Bergerak
Hewan, tumbuhan, dan manusia manusia dapat bergerak bebas. Mengapa tumbuhan  dapat dikategorikan bergerak ? ya karena tumbuhan memang bergerak. Contohya pada putri malu.

2.       Bernapas
Semua makhluk hidup bernafas. Manusia dan hewan bernafas dengan cara memasukkan O2 lalu mengeluarkannya dalam bentuk CO2 melalui hidung atau kulit atau mulut. Berbeda dengan tumbuhan yang benafas dengan stomata.

3.       Peka terhadap rangsangan (iritabilitas)
Manusia, Hewan, dan tumbuhan peka terhadap rangsangan. Misalnya seperti panas apabila terkena api. Kalau pada tumbuhan ada pada bunga Matahari yang akan mengarah kemana sinar datang

4.       Tumbuh dan berkembang
Anak menjadi semakin tinggi dari tahun ketahun, dan Ular akan semakin bertambah panjang merupakan contoh dari pertumbuhan. Membesarnya dada pada wanita dan tumbuhnya buah pada tanaman tomat merupakan sebuah perkembangan.

5.       Berkembang biak
Tujuan berkembang biak adalah untuk meletarikan gen nya. Berkembang biak sama saja dengan menghasilkan individu baru melalui proses perkawinan antar lawan jenis.

6.       Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)
Merupakan hal yang pasti yang dilakukan oleh makhluk hidup. Zat sisa dapat berupa air kencing, keringat, feses, CO2, dan lainnya.

7.       Membutuhkan makan dan minum
Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi serta menjaga kesehatannya. Akan tetapi hal yang paling penting adalah air, karena tubuh kita hampir sepenuhnya terisi air.



Anda sedang membaca artikel tentang Ciri-ciri makhluk hidup dan pengertiannya, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..

No comments:

Post a Comment