Wednesday, July 24, 2013

Ruang Lingkup Biologi di Dunia

Pada kali ini, saya akan membagikan informasi mengenai Biologi yang tentunya setingkat dengan saya yaitu untuk kelas 10 SMA.
Kata Biologi berasal dari Bios (Hidup) dan Logos (Ilmu) (bahasa Yunani nih gan…) yang dapat kita artikan sebagai Ilmu tentang kehidupan dan Makhluk hidup.
Objek yang dikaji Biologi berupa kehidupan berjenjang, terdiri atas berbagai tingkat organisasi biologi yakni sebagai berikut.

OBJEK KAJIAN BIOLOGI

  1. Bioma
  2. Ekosistem
  3. Komunitas
  4. Populasi
  5. Organisme
  6. Sistem organ
  7. Organ
  8. Jaringan
  9. Sel
  10. Molekul

aa)      Molekul

Molekul adalah unit terkecil yg terdiri atas 2 atau lebih ikatan atom. Atom merupakan Unit terkecil yang terdapat pada suatu unsur dan tidak bias di bagi lagi.
struktur atom      molekul

bb)      Sel
Sel adalah unit terkecil yang memiliki kemampuan hidup dan berkembang biak, baik secara independen maupun sebagai bagian dari organisme multiseluler.
Berkas:Sel tumbuhan.png


ac)      Jaringan, Organ, dan Sistem Organ

Jaringan  adalah kumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Beberapa jenis Jaringan yang berbeda membentuk organ. Jadi, organ di bentuk oleh beberapa jaringan yang berbeda jenisnya. Sementara sistem organ adalah sistem yang memiliki fungsi tertentu yang terdiri/dilakukan oleh beberapa organ lainnya .


bd)      Organisme

Kumpulan sistem organ (Sistem pernapasan, Sistem Ekskresi, dan lainnya) akan membentuk Organisme atau biasa kita sebut sebagai Individu.


ce)      Populasi, Komunitas, Ekosistem, dann Bioma

Populasi adalah kelompok  yang terdiri atas Individu yang sejenis/satu spesies yang hidup di tempat tertentu, sedangkan Komunitas adalah kumpulan seluruh populasi seluruh spesies (berarti populasi yang berbeda-beda) yang menempati area yang sama. Komunitas pastinya memiliki lingkungan tertentu seperti kolam, sabana, dan sejenisnya (lingkungan fisik) atau bisa kita kenal dengan Ekosistem. Terakhir adalah Bioma yang merupakan suatu komunitas utama di Bumi yang diklasifikasikan berdasarkan komunitas tumbuhan (vegetasi) yang domain.


No comments:

Post a Comment