Sunday, September 8, 2013

Pembagian Ilmu Ekononomi dan pengertiannya

1.  Ekonomi Deskriptif :

Ilmu Ekonomi Deskriptif adalah ilmu ekonomi yang menjelaskan suatu perekonomian pada suatu hal dengan apa adanya/sesuai kenyataan.

2.  Ekonomi Teori :
Ekonomi teori adalah kumpulan teori-teori di bidang ekonomi yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kebijakan ekonomi untuk kepentingan masyarakat.

Ilmu ekonomi Teori dibedakan menjadi 3 yaitu :

Ilmu Ekonomi Makro : Ilmu ekonomi yang mempelajari kehidupan ekonomi nasional sebagai suatu keseluruhan. Analisis bersifat global dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian. Atau bisa dibilang cara bekerjanya ekonomi secara universal, dan mempermasalahkan dengan lingkup nasional

  Ilmu Ekonomi Mikro : Adalah ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Misalkan membahas masalah pasar, perusahaan, harga komoditas tertentu, dan lain-lain. Seperti : Ongkos perusahaan, produksi perusahaan, penawaran dari perusahaan atau permintaan dari perusahaan, pasar, dan harga.  Ilmu Ekonomi Terapan cabang ilmu yang membahas secara khusus tentang penerapan teori ekonomi dalam suatu rumah tangga produksi, misalnya: ekonomi perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, dsb.

1 comment:

  1. Wahh terimakasih sob rangkuman teori ekonominya
    Kunjungi juga blog saya ya di
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/search/label/Ekonomi
    makasih

    ReplyDelete